Home > Akhbar/News > Kitab Kuning, Karya Ulama Klasik yang Tidak Tergantikan

Kitab Kuning, Karya Ulama Klasik yang Tidak Tergantikan

September 7, 2012 Leave a comment Go to comments

Kitab kuning yang merupakan karya ulama’ terdahulu sebenarnya isinya sama dengan kitab-kitab atau buku terbitan sekarang. Bahkan Kitab kuning sebagai karya ilmiah merupakan ijtihad ulama’ terdahulu memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan buju-buku sekarang.

Demikian disampaikan oleh Ustadz M. Kholid Mawardi Irma saat mengisi acara Masa Orientasi Santri Baru (MOSBA) Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah pada Kamis malam (06/09). Pada kesempatan malam hari itu, salah satu pengajar di PP AL Luqmaniyyah itu menyampaikan materi tentang pengenalan kitab kuning.

Lebih lanjut, Ustadz Kholid menyampaikan bahwa salah satu keunggulan dari kitab kunig adalah sifatnya yang dapat dipertanggung jawabkan sampai akhirat nanti, sementara buku-buku sekarang pertanggungjawabannya hanya sebatas dunia saja.

“Selain itu, unsur barokah pun tidak dapat dipisahkan dari keberadaan kitab kuning itu sendiri.” tuturnya.

Dalam kesempatan itu dijelaskan pula bahwa jenis pembahasan kitab kuning bermacam-macam, diantaranya mengenai akhlak, nahwu, fiqih, logika, tarikh, tauhid, dan masih banyak lagi cabang keilmuan lainnya.

Apakah terjemahan kitab kuning bisa mewakili kitab kuning itu sendiri? Saat pertanyaan tersebut terlontar dari salah satu peserta MOSBA, Ustadz Kholid menjelaskan bahwa terjemahan kitab kuning belum bisa sepenuhnya mewakili kitab kuning itu sendiri. Hal itu dapat terjadi karena kualitas kitab kuning bisa berubah apabila penerjemah kurang ahli serta kurang menguasai ilmu-ilmu tentang kitab kuning. “Kalau tidak tahu ilmunya, menerjemahkannya bisa ngawur” ungkap beliau.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 847 other followers

%d bloggers like this: