Home > Akhbar/News > AL-LUQMANIYYAH RAIH JUARA UMUM KEMAH SANTRI

AL-LUQMANIYYAH RAIH JUARA UMUM KEMAH SANTRI

Kesempatan hanya datang sekali, kesempatan yang datang selanjutnya itulah yang dinamakan keberuntungan. Dan kini keberuntungan itu tengah hinggap di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah (PPLQ), karena untuk yang ke 3 kalinya dipercaya menjadi perwakilan kota Yogyakarta untuk mengikuti kegiatan Kemah Santri yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdipora) Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar dapat menciptakan generasi muda yang cinta terhadap lingkungannya, baik alam semesta ataupun terhadap sesama manusia. Selain itu juga diharapkan tercipta remaja yang memiliki rasa solidaritas, disiplin, tanggap dengan kondisi sekitar dan tetap berada di jalan lurus sesuai aturan dalam Agama Islam.

Kegiatan kemah santri ini dilaksanakan tanggal 27-29 September 2012 bertempat di Bumi Perkemahan Taman Tunas Wiguna Babarsari Sleman. Kegiatan Kemah Santri diikuti oleh pondok pesantren yang berdomisili di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta seperti Ponpes Sunan Pandanaran, Ponpes Nurul ‘Ummah, Ponpes Al-Hikmah, Ponpes Al-Mumtaz, Ponpes Ibnul Qoyyim, Ponpes Diponegoro dan Ponpes Darul ‘Ulum. Adapun pesertanya adalah jenjang Penegak dan Pandega (umur 16-25 tahun) putra dan putri. Masing-masing pondok mengirimkan maksimal 16 santri. Dari pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah sendiri mengirimkan 16 peserta yakni :  Farikhatun Chasanah, Sri Wahyuni, Zuhratul Baiti, Azzah Mutrofina, Mughniyatul Ilma, Jauhara Sa’adati. Jauhara Saniyati, Aslihatul Latifah, Riani Rochimah, Muklishoh, Zuhrotul Wardah, Ana Yunjiani Rohmah, Rufia Ulfa, Ratna, Choiriyyah, Umi Hasunah, dan Fiki Sofwatunnisa

Selang beberapa menit kontingen PPLQ tiba di tempat kemah, dilaksanakan opening ceremony yang dilanjutkan dengan pendirian tenda dan pembentukan dewan adat atau yang biasa disebut sebagai ketua. Adapun dewan adat dari kontingen PPLQ yang terbagi menjadi 2 tenda adalah Mbak Yuni. Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pada Kemah Santri ini berupa perlombaan dan juga permainan. Adapun perlombaan yang diikut dan prestasi yang diraih adalah

  • Lomba Pentas Seni menampilkan Drama Kitab Kuning meraih Juara II
  • Lomba Miniatur Pondok meraih Juara I dan Juara III
  • Lomba P3K  meraih Juara II dan Juara III
  • Lomba Debat meraih Juara I
  • Lomba Pionering meraih Juara III
  • Lomba Hasta Karya

Prestasi yang sangat mengesankan dan membanggakan, karena gelar juara umum mampu disabet oleh perwakilan dari Pondok Pesantren Al-luqmaniyyah. Dari kejuaraan tersebut, para delegasi dapat membawa pulang uang sebesar Rp 3.196.000 yang akhirnya uang tersebut di donasikan untuk pembangunan pondok dan sebagian digunakan untuk tasyakuran atas kesuksesan acara tersebut. Selamat untuk Al-Luqmaniyyah! Teruslah berkarya!

Kontributor : Ning’s dan Nimas

About these ads
  1. Lutfi NC
    October 26, 2012 at 8:03 PM

    semoga menjadi motivasi yang tidak hanya kemah dalam arti kepramukaan tapi juga “kemah” dalam arti sebagai santri yang tinggal di pesantren dan mengemban tugas di masyarakat. .

  2. April 23, 2014 at 8:47 PM

    assalamualaikum……
    kalo al_mumtaz ada PASKIBRA nya ngga??

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: