Home > Opini Santri > Hijrah -> Hijriyah

Hijrah -> Hijriyah

hilal awal bulan qomariyahBelum tahu, mungkin itu alasan yang tepat bagi orang yang salah mengkaitkan tahun baru hijriyah dengan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAAW (Shallallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam), untuk tidak mengatakan bodoh. Setiap kali datang bulan Muharam yang notabene awal bulan hijriyah, kita sering mendengar pembicaraan mengenai hijrah Nabi Muhammad SAAW ratusan tahun yang lalu. Sebagian orang menceritakan proses hijrah Nabi, sebagian lagi berusaha memaknai hijrah Nabi dahulu, dan sebagian memaknai hijrah untuk konteks saat ini.

Namun, ada satu hal yang lalai terkait hijriyah. Ada beberapa orang yang punya anggapan bahwa Nabi SAAW mulai hijrah pada tanggal 1 Muharam sehingga dari situ dimulailah penanggalan hijriyah. Ini adalah sebuah kelalaian yang mungkin muncul karena seringnya awal tahun baru hijriyah ini dikaitkan erat dengan proses hijrah.

Memang benar bahwa tahun hijriyah terkait dengan hijrahnya Nabi SAAW, tapi bukanlah hari pertama bulan pertama tahun tersebut. Tahun pertama hijriyah adalah tahun dimana Nabi SAAW bersama sekian sahabat hijrah berpindah dari Mekah menuju Madinah. Nabi berhijrah pada bulan yang kedua, yaitu bulan shafar. Penanggalan hijriyah mulai diterapkan pada masa sahabat Umar bin al-Khaththab ra dan yang menjadi pedoman penanggalan adalah peredaran bulan. Jadi, tidak ada kaitan khusus antara 1 Muharam dengan peristiwa hijrah. Tanggal tersebut adalah awal tahun berdasar peredaran bulan (qamariyyah) sebagaimana 1 Januari adalah awal tahun berdasar peredaran matahari (syamsiyyah). Tahun baru 1430 Hijriyah berarti telah lewat 1430 tahun (perhitungan bulan) dari hijrahnya Nabi.

  1. ibnuabii
    January 12, 2009 at 10:51 AM

    yup … penjelasan ni kayak di kelas shorof .
    mau tanya nih bib … bisakah 1 muharrom tepat 1 januari ??.. trus kalo bisa kemungkinannya berapa ratus tahun sekali ??

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: