Home > Opini Santri > Perbarui Niat Mondok 

Perbarui Niat Mondok 

Bulan Syawwal adalah bulan dimulainya tahun akademik baru. Setelah tiga minggu sebagian besar santri pulang kampung untuk liburan lebaran maka kini saatnya mereka kembali ke pesantren, habitat asli mereka sebagai santri, dan memulai kembali aktivitas pesantren, seperti ngaji, mujahadah, kerja bakti, piket malam, dan lain sebagainya. Tempaan bulan Ramadhan yang penuh berkah harusnya akan membuat mereka semakin giat lagi untuk mencari ilmu agama di pesantren, sebagaimana tujuan awal mereka masuk pesantren.

Tak bisa dipungkiri, beberapa dari mereka datang ke Jogja untuk kuliah, tidak untuk mondok. Mondok bagi mereka hanyalah prioritas kedua yang dikejar setelah kuliah. Tentu saja, ketika pertama kali berpikir untuk ke Jogja, mereka akan berpikir akan kuliah dimana, apakah di UIN, UGM, UAD, ataukah lainnya. Mereka baru mengenal PPLQ setelah mereka berkeliling Jogja untuk mencari pesantren. Tentunya, salah satu daya tarik pesantren yang mereka pilih adalah yang bagus dan bersih fisik bangunannya, murah bulanannya, ganteng dan cantik pengurusnya, ataupun yang keren-keren kitab yang dikajinya. Jarang sekali seorang santri datang ke Jogja dengan niatan ingin ngaji di PPLQ, ngaji ke Abah Najib, ataupun ngaji ke Ustadz Mufid atau lainnya.

Fakta yang ada sebenarnya bukan masalah jika dipandang dari segi bahwa niat mereka adalah mencari ilmu, dimanapun berada, entah di kampus ataupun pesantren. Jika merasa kurang belajar di pesantren, maka datanglah ke pesantren dan mengajilah di sana. Mencari ilmu adalah sesuatu yang wajib bagi setiap orang. Tinggal ilmu apa yang dicari, terus untuk apa mencari ilmu, dan lainnya yang perlu direnungkan.

Ada sebuah bacaan niat ngaji yang kiranya layak untuk direnungkan dan dijalankan.

nawaitu at-ta’alluma wa at-ta’liima wa at-tadzakkuro wa at-tadzkiiro wa an-naf’a wa al-intifaa’a wa al-ifaadata wa al-istifaadah wa al-hitstsa ‘ala at-tamassuki bikitaabillahi wa sunnati rosuulihi shallahu ‘alaihi wa sallam wa ad-du’aa ila al-hudaa wa ad-dilaalata ‘ala al-khoiri ibtigho’a mardlotihi wa qurbihi wa tsawaabihi wa husnil khootimah ma’a al-luthfi wa al-‘aafiyah wa sholaahi al-‘aaqibah

Saya berniat belajar dan mengajar, diingatkan dan mengingatkan, menberi dan mengambil manfaat, memberi dan mengambil faidah, mendorong untuk berpegang kepada Quran dan Sunnah, mengajak kepada petunjuk-Nya, menunjukkan kepada kebajikan, KARENA mengharapkan ridlo-Nya, dekat dengan-Nya, balasan baik-Nya, dan akhir yang baik, serta kasih sayang dan perlindungan-Nya, dan akibat yang baik

Tak ada salahnya kita selalu memperbaiki niat kita berada di pesantren, menjaganya biar tetap memberikan semangat dan meringankan ujian yang berat. TAJDID AN-NIYYAT. Kita semestinya ingat betapa pentingnya niat sebagai salah satu bagian dari perbuatan hati. Baiknya niat adalah baiknya hati, sedangkan baiknya hati adalah baiknya seluruh jasad manusia. Di pesantren, kita tidak sendiri, kita hidup bersama-sama santri lainnya yang selayaknya saling mengingatkan satu sama lain, membantu, dan mendoakan hal-hal yang baik.

Pondok Pesantren adalah tempat kita bisa belajar banyak hal, terutama kaitannya dengan ilmu-ilmu agama. Setiap santri hendaknya terus semangat mengikuti setiap kegiatan yang telah dirancang oleh pengasuh, pengajar, dan juga pengurus. Kegiatan pengajian di kelas mendorong peningkatan kualitas pada ranah akal, sedangkan kegiatan mujahadah dan riyadloh pada ranah hati, dan aktivitas sosial di pesantren mendorong kepada kepekaan dan rasa tanggung jawab kita terhadap lingkungan sekitar.

Categories: Opini Santri Tags: , ,
  1. one room putri
    October 29, 2009 at 1:47 PM

    amin3x semoga kita semua tergolong menjadi orang yang mempunyai niat yang bagus
    kita saling mendo’akan ja ya…
    semoga kita bisa istiqomah di lq
    semngatttt ngaji

    Amiin… amin…doain juga si admin cepet wisuda ya…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: