Home > Opini Santri > LULA PAWON; Kesadaran Enterpreneurship Jati diri Santri*

LULA PAWON; Kesadaran Enterpreneurship Jati diri Santri*

Oleh: Nurul Az-Zahra

LULA PAWON

LULA PAWON


Melihat sudut pandang dari kalangan santri di pesantren sekarang ini, banyak santri yang mulai belajar mandiri menjadi entrepreneur muda, mulai dengan membuka usaha kecil-kecilan, seperti berwirausaha dengan berjualan makanan ringan, krupuk, pernak-pernik, sarung dan pakaian dan lain sebagainya.

Enterpreneur merupakan sebuah ketrampilan yang mengasah kreatifitas berwirausaha yang baik dan benar sehingga dapat membuahkan hasil yang sesuai tujuan. Ketrampilan ini perlu dikembangkan sejak usia muda yang akan menjadi pengalaman pribadi terus menerus hingga menjadi pengusaha muda yang berkualitas dan handal.

Budaya entrepreneur muda seperti ini telah diterapkan oleh sebagian santri Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah. Hal ini dibuktikan pada tanggal 22 Januari 2012 lalu, Ponpes Al-Luqmaniyyah meresmikan salah satu Badan Usaha Milik Pesantren (BUMP) yang bernama Luqmaniyyah Laundry dan Pawon atau LULA PAWON, yang menyediakan jasa Laundry serta aneka jajanan dan jus segar.

Berdirinya LULA PAWON dilatarbelakangi oleh adanya kesadaran bersama akan usaha dalam memenuhi seluruh kebutuhan pondok pesantren. Usaha ini merupakan perwujudan dari cita-cita beliau Almaghfurlah KH. Najib Salimi sebelum beliau wafat. Beliau pernah berkata bahwa beliau ingin membuka sebuah usaha yang dikelola oleh santri, agar para santri nantinya selain bisa mengaji dan kuliah juga mempunyai skill berwirausaha sebagai bekal mereka di masa depan nanti. Setelah melalui proses yang panjang lahirlah LULA PAWON yang dirintis oleh beberapa santri senior seperti kang Rizal Afifi, kang Ahmad Mudiyantoro, Mbak maslahatul Ummah dan lai-lain serta dibantu oleh Bu Mujab,

Berada tepat disebelah timur asrama putri SMP IT Abu Bakar, jasa LULA PAWON selain banyak diminati oleh para santri juga banyak diminati oleh warga sekitar, hal ini tentu karena hasilnya yang cukup memusakan sehingga pelanggan pun puas dan percaya dengan pelayanan yang disediakan oleh LULA PAWON. Semoga Badan Usaha Milik Pesantren ini bisa menjadi penunjang perkembangan dan kemajuan pondok pesantren dalam segala aspeknya.

*isi dalam opini ini telah mengalami proses editing

  1. September 1, 2015 at 4:48 PM

    I just couldn’t leave your website before suggesting that I actually loved the usual info
    a person provide to your visitors? Is going to be again regularly in order to check out new posts

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: