Home > Akhbar/News > Cerminan Annadzofatu Minal Iman dalam Lomba Kebersihan

Cerminan Annadzofatu Minal Iman dalam Lomba Kebersihan

December 16, 2012 Leave a comment Go to comments
Asrama Putri Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah

Asrama Putri Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah

Kebersihan merupakan salah satu masalah serius yang dialami sebagian besar pondok pesantren. Untuk mengatasi hal tersebut tidak cukup dengan hanya membuat list peraturan tentang kewajiban dan larangan terkait kebersihan. Selain itu, tenaga yang dibutuhkan dalam mengatur masalah ini tidak cukup satu, hal ini karena sulitnya memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.

Salah satu trik hebat Departemen K3P (Kebersihan, Kesehatan, Keindahan dan Perlengkapan) putri  Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah dalam menjaga kebersihan pondok adalah dengan mengadakan “Lomba Kebersihan Antar Kamar”. Seluruh kamar putri yang berjumlah 11 akan dinilai pada waktu yang tak terduga oleh juri yang telah dirahasiakan identitasnya. Hasil penialaian lomba akan diumumkan setiap malam jum’at ba’da dzibaiyah.

Seluruh anggota kamar cukup antusias mengikuti lomba yang akan berlangsung hingga akhir periode ajaran tahun ini. Betapa tidak? Selain menjaga nama baik kamar, para anggota kamar terserang paranoid tentang hukuman yang diberlakukan. Hukuman tersebut adalah melaksanakan piket pondok seperti mengepel teras pondok, membersihkan dapur, menyapu halaman, membersihkan depan kamar mandi, membersihkan dapur serta alat-alat dapur, membersihkan dan menyiram taman, dan masih banyak jenis piket yang lainnya.

Di minggu ke lima ini, kamar 8 putri berhasil mendapatkan reward karena mampu bertahan pada peringkat 1 berturut-turut selama 3 minggu. Reward berupa bingkisan dari panitia lomba ini didapatkan berkat kerjasama antar anggota kamar yang baik. Dan sebaliknya, kamar yang 2 kali berturut-turut berada pada peringkat terbawah mendapat punishment berupa piket pondok. Dari hasil pengumuman peringkat lomba kebersihan ini, hampir semua kamar mempertahankan bahkan meningkatkan kebersihan kamarnya.

Kegiatan ini sangat memberi dampak positif dengan terjaganya kebersihan di dalam maupun di luar pondok. Alhamdulillah, kami bisa mengaplikasikan salah satu cara dalam menjaga iman kami melalui hidup bersih..

Lingkungan bersih, hati dan pikiranpun bersih….

  1. December 24, 2012 at 12:29 PM

    al-aqlu salim fil jismi salim
    (akal yang sehat terletak pada jiwa yang sehat)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: