Home > Akhbar/News, Prestasi > Tropi Juara Untuk Luqmaniyah Tercinta

Tropi Juara Untuk Luqmaniyah Tercinta

December 23, 2012 Leave a comment Go to comments

Pondok Pesantren Al-Luqmaniyah Yogyakarta berhasil menyabet 2 gelar juara sekaligus dalam kegiatan LQK (Lomba Qiro’atul Kutub) yang diadakan Badan Eksekutif Mahasiswa Jurusan Perbandingan Madzhab dan Hukum (BEM-J PMH) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

 

Berita gembira kembali terdengar di Pondok Pesantren Al-Luqmaniyah Yogyakarta. Keikutsertaan santri PPLQ (sebutan lain untuk pondok pesantren Al-Luqmaniyah) dalam perlombaan kini kembali menuai prestasi yang membanggakan. Seperti yang diraih M. Agus Salim dan Tapsirrul Anam dalam kegiatan LQK yang diselenggarakan oleh BEM-J Perbandingan Madzhab dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (12/12). Masing-masing berhasil menjadi juara 1 LQK untuk tingkat SMA dan Santri, serta juara 3 LQK untuk tingkat mahasiswa.

Kegiatan   LQK yang merupakan agenda rutin dari FORKIK (Forum Kajian Islam Kontemporer) BEM-J PMH ini diikuti oleh beberapa institusi pendidikan. Perlombaan itu mengundang sekitar 55 institusi  yang berasal dari Pondok pesantren, SLTP dan SMA sederajat yang berada di wilayah Yogyakarta, serta diikuti 35 mahasiswa di lingkungan kampus UIN Sunan Kalijaga.

Adapun Kitab yang diujikan dalam kegiatan tersebut adalah Kitab Fathul Qarib untuk tingkat SMA dan Santri, serta Tafsir Ayatul Ahkam untuk tingkat mahasiswa. Fathurrahman, penanggung jawab lomba tersebut menuturkan bahwa kriteria penilaian dalam LQK ini meliputi beberapa aspek, yakni nahwu, shorof, kelancaran membaca, pemahaman serta tafsir. Sedangkan juri dalam lomba tersebut merupakan orang-orang yang benar-benar berkompeten  di bidangnya.

Pesantren Al-Luqmaniyah yang didirikan oleh K.H Najib Salimi sejak 12 tahun yang lalu ini sudah sering kali mengikuti perlombaan serupa. Santri-santri disana dibekali ketrampilan membaca dan mengkaji berbagai kitab klasik. M. Agus Salim membutikannya dengan berhasil memperoleh juara 1 untuk kategori tingkat SMA dan santri.

Sedangkan Tafsirul Anam yang menjadi juara 3 tetap merasa puas, dan tropi juara lomba tersebut ia persembahkan untuk ponpes tercinta. “Semua ini saya lakukan demi PPLQ, dan tropi ini adalah ucapan terima kasih saya untuk Luqmaniyyah,” ujar Anam. Berkat lomba tersebut, seluruh juara berhak membawa pulang tropi juara serta uang pembinaan. [Abdul Majid Zubairi]

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: