Home > Akhbar/News > KOPONTREN, SARANA SANTRI BELAJAR BERWIRAUSAHA

KOPONTREN, SARANA SANTRI BELAJAR BERWIRAUSAHA

February 15, 2013 Leave a comment Go to comments
Rapat Anggota Tahunan (RAT) Triwulan pertama yang dilaksanakan pada Ahad (10/02).

Rapat Anggota Tahunan (RAT) Triwulan pertama yang dilaksanakan pada Ahad (10/02).

Koperasi Pondok Pesantren (Kopontren), selain untuk memenuhi kebutuhan para santri, juga dapat berperan sebagai sarana santri belajar berwirausaha. Hal itulah yang diungkapkan Umar Syahid, Direktur Kopontren Al-Luqmaniyyah pada acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) triwulan pertama yang digelar Ahad (10/2) di Kelas C Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah (PPLQ).

Lebih lanjut Kang Umar mengungkapkan bahwa para anggota koperasi harus menyadari perannya sebagai pelanggan dan juga sebagai pemilik. “Para anggota koperasi harus menyadari posisi yang menyangkut hak dan tanggung jawabnya sebagai pelanggan sekaligus pemilik, sehingga para anggota perlu berpartisipasi ekonomi dalam koperasinya dan juga harus turut aktif merawat koperasi dengan membiayainya,” ungkap Kang Umar yang merupakan santri kelas Takhtim.

Acara RAT yang dilaksanakan pukul 12.30 WIB hingga pukul 15.00 WIB tersebut diikuti 42 anggota Kopontren yang terdiri dari 10 anggota santri putra dan 32 anggota santri putri. Menurut Badri Wahyu Nadhor, salah satu pengurus Kopontren, pada acara RAT tersebut selain pembagian SHU juga dilakukan penyusunan Aggaran dasar /Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Kopontren serta perumusan kembali visi dan misi Kopontren ke depan.

Masih menurut Kang Nadhor, pada acara RAT tersebut juga membahas tentang pengembangan usaha baru yang dapat menarik para santri untuk menjadi anggota Kopontren. Hal itu juga dilakukan untuk menunjang keberlangsungan Kopontren Al Luqmaniyyah. [Romdlon]

  1. nur alimah
    February 11, 2014 at 12:02 PM

    assalamu’alaikum..sy mau kuliah smbl pnsantren jg,nah klo d pplq ni mnrima mahasiswi gk…trus ltak pplq strategs dgn prguruan tngg mana aja.,maaf satu lagi biaya bulan dponpes ini brp trima ksh..mhn infonya ,,

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: