Home > Akhbar/News > Studi Kepesantrenan, SMA N 3 Purworejo

Studi Kepesantrenan, SMA N 3 Purworejo

December 25, 2013 Leave a comment Go to comments

Senin (23/12/13) yang lalu, Pondok Pesantren Al-Luqmaniyyah Yogyakarta menerima kunjungan studi dari Rohaniawan Islam (Rohis) SMA N 3 Purworejo. Kegiatan tersebut merupakan inisiasi dari pengurus Rohis yang bekerja sama dengan Pengurus PP Al Luqmaniyyah. dalam hal ini dikoordinir oleh Departemen Pengembangan Sumber Daya Santri (PSDS) baik putra maupun putri.

Kitab Kuning Khas Pesantren

Siswa-siswi SMA N 3 Purworejo Sedang Melihat dan Mengamati Kitab Kuning

Rangkaian acara yang berlangsung selama 3 hari itu diikuti setidaknya oleh 38 orang siswa/i dari SMA N 3 Purworejo yang terbagi menjadi dua kloter. Kloter pertama dimulai sejak senin siang sampai dengan selasa, sedangkan kloter kedua dimulai selasa siang dan berakhir rabu ba’da dhuhur. Secara praktisnya masing-masing mengikuti kegiatan selama sehari semalam.

Pada hari pertama, Kegiatan dibuka dengan penyambutan yang diisi dengan materi pengetahuan tentang kepesantrenan model Al Luqmaniyyah dari pengurus pondok, dan juga sekilas tentang metode pembelajaran kitab kuning dalam pesantren oleh Ustadz M. Kholid Mawardi Irma, S.Kom.I dan Ustadz M. Syamsul Huda, S.Fil.I.

Para peserta terlihat penuh antusias, dalam benak mereka senantiasa membayangkan apa-apa kegiatan yang akan mereka ikuti. Setidaknya para peserta memang tidak dikecualikan sebagaimana rekan-rekan santri pada umumnya, mereka membaur menjadi satu, ditempatkan di masing-masing kamar, dan mengikuti semua aktivitas sebagaimana mestinya. Mulai dari kegiatan mengaji sore, mengantri mandi, makan bersama, aktivitas mujahadah, mengaji malam, sampai dengan sholat tahajud dan mujahadah pagi. Keesokan harinya pun, meskipun terlihat masih belum terbiasa, dengan sigraknya mereka juga ikut dalam pengajian pagi.

Hari berikutnya, peserta diberikan sedikit materi dari Dewan Pendidikan (DP). Dalam kesempatan tersebut disampaikan oleh Ustadz Anas Fahrudin, S.Pd.I, beliau menyampaikan seputar Pembelajaran Kitab Kuning dan Sejarah Kepesantrenan Nusantara dan diikuti tanya jawab dengan para peserta.

Sebagai rangkaian acara yang terakhir, disampaikan sambutan oleh Bapak Pembimbing dari Rohis SMA N 3 Purworejo. Kesan dan pesan juga disampaikan dari perwakilan peserta.

“ Kami senang sekali, sebab mendapatkan pengalaman yang berharga di pondok ini, i love Luqmaniyyah,” tutur Silvi Auliya Zuhdi.

Kemudian dilanjutkan penyerahan plakat kenang-kenangan kepada PP.Al Luqmaniyyah.

Foto Penutupan Studi Kunjungan Pesantren

Foto Bersama siswa-siswi SMA N 3 Purworejo di Depan Gerbang PPLQ

Sowan kepada Ibu Nyai Hj. Siti Chamnah Najib menjadi agenda terakhir para siswa dan kemudian ditutup dengan foto bersama di depan gerbang pondok pesantren. Sebuah prosesi membangun ukhuwah persatuan dan silaturahmi yang patut untuk senantiasa dilestarikan bersama. Semoga dengan acara tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan para siswa dan juga pengurus pondok pesantren.(Angga R)

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: