Home > Akhbar/News > Departemen Kamtib PPLQ Beri Identitas Kendaraan Santri

Departemen Kamtib PPLQ Beri Identitas Kendaraan Santri

Sepeda Santri. Contoh sepeda yang diberi telah diberi pengenal "Komunitas Sepeda Santri" oleh Departemen Kamtib PPLQ.

Sepeda Santri. Contoh sepeda yang diberi telah diberi pengenal “Komunitas Sepeda Santri” oleh Departemen Kamtib PPLQ.

Beberapa waktu lalu, tepatnya Rabu (1/1), di dinding grup Facebook resmi Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah (PPLQ), Facebooker LQ, terpampang pengumuman dari Koordinator Departemen Keamanan & Ketertiban (Kamtib) PPLQ. Pengumuman tersebut berisi himbauan teman-teman santri untuk segera menertibkan sepedanya masing-masing.

Pada himbauan tersebut, terpampang secara jelas foto berbagai jenis sepeda ontel yang dimiliki santri. Mulai dari sepeda lama yang jarang dipakai (bahkan ada juga yang rusak) hingga sepeda yang masih baru. Selanjutnya sebagai sebuah kebijakan yang baru, akhirnya dari Departemen Keamanan mencoba membuatkan tanda pengenal yang berfungsi untuk mengidentifikasi masing-masing sepeda ontel milik setiap santri. Di dalam tanda pengenal yang telah dibuat tersebut tertuliskan “Komunitas Sepede Santri“. Tulisan tersebut menjadi identifikasi bahwa sepeda ontel yang dimaksud adalah milik santri.

Selain adanya tulisan yang menjadi identitas santri, di atasnya juga terdapat beberapa angka, sebagai contoh 01342. Maksudnya bahwa (013) menunjukkan tahun peng-inventarisasian, sedangkan (42) adalah nomor digit sepeda, sehingga sepeda tersebut terdaftar sebagai sepeda ke-42 dari jumlah sepeda yang ada. “Ya seperti itu maksudnya, awalnya juga kurang tahu, itu pengurus putri yang buat,” terang Muharor, salah satu tim pemasang tanda pengenal tersebut.

Selain adanya pendataan sepeda, Departemen Kamtib juga melakukan pendataan terhadap sepeda motor santri. Berbeda dengan sepeda ontel yang diberi pengenal ID dari bahan plastik, sepeda motor cukup ditempeli stiker bertuliskan ‘Cah LQ’ yang terpasang di selebor belakang sepeda motor masing-masing santri.

Mungkin beberapa ada yang masih menggunakan stiker lama. Tahun sebelumnya, sepeda motor-sepeda motor tersebut memang sudah diberi stiker ‘Kendaraan Santri’, namun berdasarkan kebijakan baru, akhirnya semua diganti dengan stiker yang baru. “Iya, sebagian yang belum dapat, sabar ya, soalnya stiker yang baru sudah habis, lagi dibuatkan,” lanjut Muharor.

Sticker Motor. Salah satu pengurus terlihat sedang menempelkan sticker pada sepeda motor santri PPLQ.

Stiker Motor. Salah satu pengurus terlihat sedang menempelkan stiker pada sepeda motor santri PPLQ.

Dengan adanya pendataan baik sepeda ontel maupun sepeda motor ini, harapannya masing-masing santri dapat lebih menjaga ketertiban dan keamanan.Hal ini dilakukan demi kenyamanan bersama.[Angga]

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: