Home > Akhbar/News > Pesantren Al Luqmaniyyah Terbikan Buku Antologi Cerpen Santri

Pesantren Al Luqmaniyyah Terbikan Buku Antologi Cerpen Santri

Buku Antologi Cerpen CIUSS?? dari tim redaksi An Najwa LQ yang launching pada Sabtu (7/2/2015). Foto: Riya/LQ

Buku Antologi Cerpen “CIUSS??” dari tim redaksi An Najwa LQ yang di-launching pada Sabtu (7/2/2015). Buku ini memuat 18 cerpen karya santri putri PPLQ. Foto: Riya/LQ

Sabtu (7/2/2015) Buletin An Najwa yang merupakan Lembaga Pers Santri Putri Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah (PPLQ) me-launching buku antologi cerpen karya santri putri PPLQ. Acara launching yang dilaksanakan di Aula PPLQ tersebut merupakan agenda tambahan dari acara seminar fotografi yang diadakan oleh Aliansi Pers Santri Al Luqmaniyyah. Buku antologi cerpen ini merupakan kumpulan cerpen yang berjumlah 18 cerpen karya anggota redaksi An Najwa.

Pelangi Lutfiana mewakili tim redaksi An Najwa saat launching menjelaskan bahwa buku antologi cerpen ini merupakan mimpi tim redaksi untuk menyalurkan minat tulis-menulis bidang fiksi. “Rencana untuk membuat antologi cerpen ini sudah ada sejak Agustus 2014. Seluruh anggota redaksi diminta untuk memberikan cerpen terbaiknya untuk dibuat antologi ini. Total waktu yang dibutuhkan mulai dari perencanaan hingga launching adalah 6 bulan,” terang Pelangi.

Pelangi Lutfiana menjelaskan bahwa antologi cerpen ini diberi nama “CIUSS??” yang merupakan kependekan dari Coretan Imut Seorang Santri. Mengenai tema besar dari cerpen ini, Pelangi Lutfiana menerangkan, karena penulisnya adalah para santriwati pesanten, maka tema besar antologi cerpen ini adalah kehidupan yang bersinggungan dengan pesantren. “Dari tema tersebut muncul cerpen-cerpen dari berbagai perspektif, mulai dari kisah awal masuk pesantren hingga masalah asmara para santri. Tak lupa berbagai aktivitas keseharian para santri juga banyak direkam menjadi cerita sehingga nuansa pesantren sangat lekat dalam kumpulan cerpen ini,” tutur santriwati Al Luqmaniyyah ini.

Riyadhotul Hayati, santri Al Luqmaniyyah yang juga salah satu penulis antologi cerpen mengungkapkan bahwa dengan tema besar pesantren tersebut tim redaksi An Najwa ingin memberitahukan kehidupan pesantren ke khalayak ramai. “Melalui menulis kita juga bisa berbagi tentang makna kehidupan yang pernah kita alami dengan bercerita melalui aliran kata. Tulisan-tulisan sederhana yang terangkum dalam satu buku yang dinamai CIUSS itu juga sebagai salah satu gebrakan awal dalam perjalanan jurnalistik crew An-Najwa,” terang Riyadhotul Hayati.

Buku Antologi cerpen santri putri PPLQ ini masih dicetak terbatas.Bagi yang berminat dapat menghubungi 085725792934/085736158258. Cara pemesanan juga dapat dilihat pada website pplq.wordpress.com atau pada akun Facebook Ponpes Al Luqmaniyyah.[]

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: