Home > Akhbar/News > Luqmaniyyah Selenggarakan Pameran Seni dan Kerajinan Santri

Luqmaniyyah Selenggarakan Pameran Seni dan Kerajinan Santri

Pengasuh PPLQ, Ibu Nyai Hj. Siti Chamnah Najib (berkaca mata) saat mengunjungi aula pameran seni dan kerajinan PPLQ, Ahad (8/2/2015).

Pengasuh PPLQ, Ibu Nyai Hj. Siti Chamnah Najib (berkaca mata) saat mengunjungi aula pameran seni dan kerajinan PPLQ, Ahad (8/2/2015).

Pondok Pesantren di kalangan masyarakat tak hanya terkenal sebagai sumber ilmu. Pondok Pesantren juga banyak dikenal oleh masyarakat dengan kreativitasnya yang tanpa batas, baik kreativitas seni, kerajinan, ataupun yang lainnya. Hal itu juga yang ada di Pondok Pesantren Al Luqmaniyyah Yogyakarta (PPLQ). Guna mewadahi berbagai macam kreativitas seni dan kerajinan santri, PPLQ mengadakan pameran seni dan kerajinan pada Ahad (8/2/2015) di Aula PPLQ.

Pameran seni dan kerajinan ini menampilkan berbagai macam karya santri yang dinaungi dalam beberapa ekstrakurikuler pesantren. Karya santri PPLQ yang dipamerkan antara lain karya kaligrafi, kerajinan tangan santri putri, desain background acara Haflah hingga buku antologi cerpen santri yang sehari sebelumnya baru di-launching. Fachri Baits Salam selaku koordinator pameran menjelaskan bahwa karya kaligrafi merupakan hasil olah tangan para anggota ekstrakurikuler kaligrafi ‘Qolamuna’, sedangkan desain background Haflah merupakan hasil dari perlombaan yang diadakan oleh ekstrakutikuler ‘Habajum IT’.

“Pameran ini juga diramaikan dengan hasil kerajinan tangan santri putri yang dinaungi oleh ekstrakurikuler ‘LQ Handy Craft’. Kerajinannya berupa kreasi hantaran lamaran, bros, toples hiasan, kruistik, dan bungan dari bahan dasar kulit jagung,” jelas Fachri Baits Salam.

Acara pameran seni dan kerajinan diawali dengan pembukaan pameran dan pemotongan pita oleh Kang Masykur Hamba Roohimi selaku pembina ekstrakurikuler kaligrafi ‘Qolamuna’ PPLQ. Dalam sambutannya kang Masykur mengungkapkan bahwa lewat acara seperti ini diharapkan dapat mendorong para santri untuk produktif menghasilkan karya. “Santri juga perlu untuk produktif menghasilkan karya. Apalagi kalau karya itu memberikan manfaat maka akan lebih baik, “ terang Masykur Hamba.

Acara pameran seni dan kerajinan ini diadakan hanya satu hari saja, dibuka pada pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 15.00 WIB. Meski begitu antusian para santri PPLQ untuk mengunjungi pameran ini sangat tinggi. Para santri baik putra maupun putri silih berganti melihat dan mengapresiasi karya seni santri. Acara pameran seni dan kerajian ini merupakan salah satu agenda dari ‘Bulan Ekspresi Ekstra’ yang diadakan oleh pengurus PPLQ. Bulan Ekspresi Ekstra ini dimaksudkan untuk mendorong produktivitas ekstrakurikuler maupun kreativitas para santri. [Romd]

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: